KISAH PERNIKAHAN UMAR BIN KHATTAB DENGAN UMMU KULTSUM BINTI ALI BIN ABI THALIB RADHIYALLAHU ANHUM

Pada video di atas, diterangkan tentang lamaran yang dilakukan Umar kepada Ali bin Abi Thalib. Umar datang melamar Ummi Kulsum di hadapan para sahabat. Saat itu Ali bilang: “Dia masih kecil.” bahkan disebutkan dalam riwayat bahwa Hasan dan Husain tidak setuju dengan persetujuan bapaknya (Ali) karena perbedaan umur yang jauh antara Umar dengan Ummu Kulsum.

kemudian Ali berkata: “Jika dia membuat anda tertarik maka dia adalah istri anda.”

singkat cerita: Ali mengutus putrinya “Ummi Kulsum” kepada Umar kemudian Umar kagum dan tertarik kepada Ummu Kulsum lalu menyingkap betisnya Ummi Kulsum berkata: “Jika engkau bukan Amirul mukminin pasti sudah kutusuk kedua matamu.”

ketika pulang, ummu Kulsum bilang kepada ayahnya, mengapa engkau mengutusku kepada lelaki tua yang buruk. lalu Ali menjawab: “Sesungguhnya dia adalah suamimu.”

pembaca: Hadis ini tidak sahih, karena terdapat kedhaifan dan inqitha’ (perputusan) di antara perawi. tapi banyak orang menganggapnya sahih, sehingga dijadikan dalil: Bolehnya seorang pelamar melihat calon istrinya lebih dari wajah dan kedua telapak tangan. tapi sebetulnya hadis ini tidak sahih.

sekiranya sahih, dan banyak kaum syiah yang memperburuk citra Umar dengan perbuatannya di atas, yang menyingkap betis Ummi Kulsum, sesungguhnya ini kembali kepada perkataan Ali, dan dia adalah wali bagi Ummu Kulsum, apalagi di sekelilingnya terdapat banyak sahabat, Ali berkata: “Jika engkau tertarik padanya, maka dia adalah istrimu.”

berarti saat itu Umar yang menyingkap betis Ummu Kulsum adalah tidak masalah, karena saat itu Umar sudah menjadi suami Ummi Kulsum. pernikahan terjadi karena ada wali yaitu Ali, yang mengatakan: “Jika dia membuatmu tertarik maka dia istrimu.” dan Umar sangat tertarik kepada Ummu Kulsum, yang kedua harus ada saksi. tentunya para sahabat yang hadir di situ adalah saksi-saksi atas pernikahan mereka.

oke? paham insya Allah…. semoga bermanfaat.

Share This: