Tetap berpuasa saat hamil

Puasa sebentar lagi… 1, 2, 3… 3 hari lagi… hamil??? takut untuk puasa??? sudah nggak jaman kali ya… :)

Lantas, bagaimana kalau puasa dalam kondisi hamil dengan kondisi air ketuban yang sedikit.. beberapa hari yang lalu, saat kontrol kehamilan yang ke 21 minggu (5 bulan) hasil USG-ku terlihat air ketubanku sedikit. Ketika aku tanya “Apa boleh saya berpuasa bulan depan dengan kurangnya air ketuban saya, Dok?” Dokter sempet bilang : “Saya tidak melarang ibu hamil untuk berpuasa dan saya juga tidak memaksa untuk berpuasa. Toh bisa di ganti dilain hari. Kalau hubungannya dengan air ketuban, pasti ada, karena ibu akan tidak minum di siang hari dan di khawatirkan akan kekuarangan cairan.”

Aku pikir… Ah tidak apalah… asal gizi dan kebutuhan cairan (8 – 9 gelas perhari) masuk di malam harinya.. tidak perlu menambah air lagi kan? karena kita kan bukan onta… hehehehe…

Puasa kan bukan berarti kita tidak makan ya.. cuma harus mengatur waktu makan saja.. iya to? Asalkan gizinya terpenuhi saja..

Setelah mengobrak-abrik mbah google.. Akhirnya nemu artikel ciamik nih.. kebutuhan bahan makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil dalam sehari adalah sebagai berikut :


1. Nasi, serealia, roti dan mie ==> 5 + 1 porsi

2. Sayuran ==> 3 mangkuk

3. Buah ==> 4 potong

4. Tempe ==> 3 potong

5. Daging, ayam, ikan, telor dan kacang-kacangan ==> 3 potong

6. Susu, Yogurt / Keju ==> 2 gelas

7. Lemak, minya ==> 5 sendok teh

8. Gula ==> 2 sendok makan

Nah.. kalau udah tahu seperti itu, atur aja deh mau makannya kapan… yang jelas kalau puasa ya makannya hanya pada sahur dan berbuka.. hehehe..

Untuk berbuka, jangan lupa makan / minum yang manis-manis dulu ya… Minum jus buah untuk teman berbuka juga bagus tuh.. Kenapa?? karena jus buah sangat baik untuk penyerapan protein, karbohidrat, dan asam lemak esensial sekaligus vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh secara cepat..

Kalau mengingat kata om dokter.. Sebelum sholat maghrib minum manis dan hangat dulu.. Lepas sholat maghrib baru makan besar (jangan kekenyangan!!).. Lepas tarawih makan besar lagi + susu..

Sementara untuk sahurnya… karena kita harus mempersiapkan diri untuk menahan lapar dan haus selama 13 / 14 jam, ada beberapa hal yang harus di perhatikan :

1. Pilih makanan yang mencukupi 4 sehat 5 sempurna.
Komposisi yang seimbang adalah 50 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 10-20 persen lemak. Makanan yang mengandung karbohidrat, misalnya nasi, gandum; makanan yang mengandung protein tinggi umpamanya daging, ayam, tahu/tempe.

2. Usahakan ada sayuran dan buah.
Menu tersebut dianjurkan untuk melancarkan BAB dan menghindari sembelit. Biasanya menu sahur kurang serat sehingga urusan ke belakang jadi tak lancar. Padahal, BAB yang tidak lancar berpotensi menyebabkan gangguan seperti wasir pada ibu hamil.

3. Minum susu sangat disarankan untuk menambah kekuatan.

Tetapi, bila kadar gula darah ibu hamil/menyusui tergolong tinggi, sebaiknya minum susu plain atau boleh ditambah pemanis yang aman/disarankan.

4. Kurangi makanan pedas.
Makanan pedas memang menggugah selera, apalagi untuk sahur. Tapi ingat, makanan yang terlalu pedas tidak disarankan untuk ibu hamil/menyusui. Kalaupun ingin makanan yang pedas, sebaiknya tidak berlebihan.

5. Minum suplemen.
Jangan lupa minum suplemen (bila memang ada suplemen yang harus diminum) dan perbanyak minum air putih.

Selamat berpuasa untuk semua muslim / muslimah.. semoga berkah puasa menyelimuti jiwa dan raga kita semua… Amin..

sumber: http://ucikata.wordpress.com/2011/07/28/tetap-sehat-berpuasa-saat-hamil/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *