YANG HARUS DILAKUKAN WANITA SETELAH HABIS MASA HAIDH

4-Apa yang harus dilakukan wanita saat habis masa haidnya?

Ketika masa haid telah habis, sang wanita harus segera mandi besar. Yaitu dengan menyiramkan air ke seluruh tubuhnya dengan niat bersuci. Rasulullah r bersabda,

((فَإِذَا أَقْبَلَتْ حَيْضَتُكِ فَدَعِي الصَّلاَةَ، وَإِذَا أَدْبَرَتْ فَاغْتَسِلِيْ وَصَلِّيْ)) (رواه البخاري)

“Jika darah haid datang, maka tinggalkan shalat. Jika sudah berhenti, segeralah mandi dan kerjakan shalat.”  (HR.
Al-Bukhari)

Sedangkan sifat mandi itu adalah, hendaknya sang wanita berniat untuk menghilangkan hadats, atau niat bersuci untuk mengerjakan shalat. Kemudian mengucapkan, “Bismillah!” lalu menyiramkan air secara merata ke seluruh tubuh. Ia harus membasahi akar-akar rambutnya, tapi tidak diharuskan mengurai rambut jika rambut itu dalam keadaan dikelabang atau dikepang, ia cukup membasahi seluruh rambutnya dengan air.

Jika saat mandi ia menggunakan daun bidara atau zat pembersih lainnya yang dicampur air, maka itu lebih baik. Kemudian ia dianjurkan mengambil selembar kapas yang sudah dibasahi dengan kesturi atau minyak wangi lainnya, lalu ditempelkan pada vagina sehabis mandi. Hal ini diperintahkan rasulullah r kepada Asma` seperti dalam hadits riwayat Muslim.

 

Peringatan Penting:

Jika wanita haid atau nifas suci sebelum matahari terbenam, ia wajib mengerjakan shalat dhuhur dan ashar pada hari itu. Dan jika suci dari haid atau nifas sebelum datang waktu subuh, ia wajib mengerjakan shalat maghrib dan isya` pada malam itu. Karena waktu shalat yang kedua, adalah waktu shalat pertama bagi orang-orang yang mempunyai udzur (alasan).

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam al-fatawa, 22/434 berkata,

“Karena inilah! Jumhur ulama` seperti Imam Malik, Imam Syafii, dan Imam Ahmad menyatakan; jika wanita haid menjadi suci di akhir waktu siang, ia wajib shalat dhuhur dan ashar. Seperti yang dinukil dari Abdurrahman bin Auf t, Abu Hurairah t dan Abdullah bin Abbas t. Karena waktu saat itu, milik shalat dhuhur dan ashar bagi orang yang ada udzur.

Jadi! Jika wanita haid menjadi suci di akhir waktu siang, berarti waktu dhuhur masih tersisa, maka ia harus mengerjakan shalat dhuhur sebelum ashar. Jika ia menjadi suci pada akhir malam, maka waktu maghrib masih tersisa baginya, karena ia mempunyai udzur. Sehingga ia wajib mengerjakan shalat maghrib sebelum isya`.”

Adapun jika tiba waktu shalat, kemudian sang wanita mengeluarkan darah haid atau nifas sebelum mengerjakan shalat itu, maka pendapat yang rajih (kuat), ia tidak wajib mengqadha` shalat itu.

Meski ia mengejar waktu shalat yang pertama, tapi ia menunda mengerjakan shalat, dengan maksud mengerjakannya pada waktu terakhirnya, tapi sebelum mengerjakan shalat itu ia kedahuluan mengeluarkan darah haid atau nifas, maka ia tetap tidak wajib qadha` meskipun belum mengerjakannya.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam majmu` al-fatawa, 23/335 berkata mengenai masalah ini,

“Pendapat yang paling dekat kepada dalil dalam masalah ini adalah pendapat Imam Abu Hanifah dan Imam Malik. Yaitu: Wanita tidak wajib mengqadha` shalat yang ditinggalkannya. Karena qadha` hanya diwajibkan, saat ada perkara baru. Sedangkan pada kondisi seperti ini, tidak terdapat perkara baru pun yang mengharuskan wanita untuk mengqadha`. Apalagi ketika ia menunda mengerjakan shalat sampai waktu berikutnya, adalah suatu hal yang dibolehkan, jadi ia tidak sembrono dalam mengerjakan shalat.

Sedangkan orang yang tidur atau lupa –meski ia tidak sembrono juga-, maka shalat yang dikerjakannya bukanlah qadha`. Tapi itulah waktu shalat bagi orang yang ketiduran atau kelupaan saat bangun tidur atau sadarkan diri.”

diterjemahkan dari: Tanbiihat ‘ala ahkaam takhtashshu bilmukminat, karya Syaikh Shalih Al-Fauzan, diterjemahkan oleh Wafi Marzuqi.

0 comments on “YANG HARUS DILAKUKAN WANITA SETELAH HABIS MASA HAIDH
  1. sari says:

    terima kasih atas plajaran tntang haid smoga dapat bagi ilmu yg akan dtang….
    😮

    sama-sama, insya Allah. syukran

  2. If you catch what is dangerously high blood
    pressure within a few weeks, but actually can occur at any age from young children to the substances that are
    useful to the body. Well how about Musical what is dangerously high blood pressure?
    First vaccine is usually given between 12 to 15 months and then repeated when they are 12 through 15 months old.
    Sometimes you cannot control your scratching
    reflexes, particularly when it occurs in adults or persons with impaired immunity.

  3. Susannah says:

    Thanks , I’ve recently been searching for info approximately this topic for a while and yours is the greatest I’ve discovered so far.
    But, what in regards to the bottom line? Are you positive about the source?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *