Perbuatan terlaknat…

sampah

Saudara… yang saya maksudkan dengan perbuatan terlaknat adalah perbuatan tanpa kita sadari yang mendatangkan laknat dari orang lain untuk diri kita.

Dalam Islam, seorang muslim dilarang kencing dalam air tidak mengalir, dilarang buang air besar atau pun kecil di bawah pohon berbuah, pohon rindang, di jalanan manusia, juga dilarang kencing di dalam lobang. Demikian itu karena lobang adalah sarang binatang yang kemungkinan akan terganggu dengan kencing kita. Atau juga mungkin tempat tinggal jin, sehingga ia marah dan murka kepada pelaku.

perbuatan-perbuatan di atas adalah beberapa contoh dari perbuatan terlaknat. banyak dari kita mungkin sering melakukan perbuatan-perbuatan terlaknat tanpa kita sadari. di antaranya saya sebutkan sebagai contoh:

  1. membuang sampah sembarangan, apakah itu tas plastik, pampes, softex, atau sampah apa pun lainnya. ketika sudah menumpuk maka sampah-sampah ini akan menutup selokan sehingga menyebabkan banjir atau minimalnya bau busuk dan pemandangan yang buruk. setiap orang yang melihat hal itu pasti melaknat pelakunya.
  2. asap rokok. banyak dari kita tidak menyadari bahwa rokok yang filternya terbuat dari babi, yang jelas haram itu, sangat menyakiti orang sekitar. ada orang yang dengan sekedar mencium bau rokok, kepalanya langsung pusing. ada yang menjadikannya berpenyakit paru-paru, dan lain sebagainya. apalagi kalau di sekitar situ terdapat anak kecil. orang-orang yang terganggu dengan asap rokok tentu melaknat pelaku, dan mendoakan keburukan untuknya.
  3. Memarkir kendaraan seenaknya. apakah itu motor atau mobil, yang kemudian jalan menjadi macet atau tidak bisa dilewati gara-gara kita mengganggu jalan manusia. ini juga perbuatan terlaknat. masuk di sini orang yang menyalip kemudian langsung mengerem mendadak, seperti layaknya para pengemudi bis. juga termasuk di sini orang yang menggunakan fasilitas jalan sebagai fasilitas pribadi. betapa banyak orang-orang kaya yang rumahnya besar-besar tapi tetap memakai jalan untuk parkir. ini adalah perbuatan dzalim dan perbuatan setan. yang ketika jalan menjadi sempit, setiap orang yang lewat di situ pasti melaknat pelaku. termasuk material atau bunga dan lain sebagainya yang itu adalah fasilitas umum kemudian kita nikmati secara pribadi.

ini adalah beberapa contoh saudara dari banyak perbuatan dosa yang kita lakukan tanpa sadar. jangan dikira dosa-dosa ini akan dilupakan manusia dan pencipta manusia begitu saja.

makna laknat adalah dijauhkan dari rahmat Allah. jika ini semua adalah perbuatan terlaknat, otomatis orang yang melakukannya akan dijauhkan dari rahmat Allah. sehingga tidak heran, jika hidupnya tidak ada berkah, rizkinya tidak ada berkah, umurnya tidak ada berkah, dan kehidupannya juga tidak ada berkah.

karena pelaku sudah sering mengerjakan perbuatan yang mendatangkan laknat manusia tanpa dia sadari. coba anda perhatikan, sudah betapa banyak perbuatan terlaknat yang sudah anda kerjakan.

Fudhail bin Iyad rahimahullah berkata:

إني لأعصي الله، فأعرف ذلك في خلق دابتي وخادمي

“Saya benar-benar berbuat maksiat kepada Allah, maka saya melihat pengaruh buruk hal itu pada kendaraan dan pelayanku.”

Pembaca, demikian itu karena dosa pasti ada dampak buruknya. makanya mulai sekarang mari kita berusaha memperkecil perbuatan-perbuatan terlaknat ini. semoga saja Allah berkenan mengampuni dosa kita semua. Aamin.

Allaahu a’lam.

Share This: