Bagi pencari kebahagiaan…

Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

((دَاوُوْا مَرْضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ))

“Sembuhkan orang-orang sakit kalian dengan sadaqah.” (sahih Al-Jami’, no.3358) Saudara… banyak sekali orang mencari kebahagiaan. Jangan dikira orang kaya yang banyak harta adalah orang yang bahagia. Sekali-kali tidak. Qarun pemilik harta sebanyak itu, ia tidak pernah bahagia. Apalagi akhirnya ia dibenamkan oleh Allah ta’ala. Jangan dikira Fir’aun yang mempunyai jabatan tinggi dan banyak pasukan, adalah orang yang bahagia. Tidak, justru ia malah ditenggelamkan Allah di dasar lautan. Saudara… orang bahagia yang hakiki adalah yang berbuat baik kepada orang lain. Makanya Nabi shallallahu alaihi wasallam mengatakan pada Hadis di atas, bagi siapa pun yang sengsara dengan penderitaan sakitnya, hendaknya memberikan rasa bahagia kepada orang lain, niscaya Allah memberikan kebahagiaan padanya dengan kesembuhan. Berikut ini adalah kebahagiaan yang dirasakan seseorang ketika dia memberikan kebahagiaan kepada orang lain. dan ingat selalu, sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam yang berbunyi:

((وأَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللهِ سُرُورٌ تُدْخِلُهُ عَلَى مُسْلِمٍ، أَوْ تَكْشِفُ عَنْهُ كُرْبَةً، أَوْ تَقْضِي عَنْهُ دَيْنًا، أَوْ تَطْرُدُ عَنْهُ جُوعًا))

“Amal yang paling dicintai Allah adalah rasa bahagia yang anda masukkan dalam (hati) seorang Muslim, anda menghilangkan petakanya, melunasi hutangnya, atau menghilangkan kelaparan darinya.” (Sahih Al-Jami’, no. 176) Semoga bermanfaat. Allahu a’lam. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh.   Akhuukum: Wafi Marzuqi Ammar.

Share This: