BINGKISAN PERTAMA KALI YANG DISUGUHKAN KEPADA PENDUDUK NERAKA SAAT MASUK KE DALAMNYA

     Penduduk Neraka akan dibangkitkan dalam kondisi kehausan, kemudian menghadiri masyaahid (suasana-suasana) Hari Kiamat dalam kondisi kehausan, dan dihalau menuju Neraka Jahannam juga dalam kondisi kehausan.

Allah SWT berfirman:

{وَنَسُوقُ الْمُجْرِمِينَ إِلَى جَهَنَّمَ وِرْدًا } [مريم : 86]

 “Dan Kami akan menghalau orang-orang yang durhaka ke Neraka Jahannam dalam keadaan dahaga.” (QS. Maryam: 86)

Abu Imran Al-Juuni berkata:

“بَلَغَنَا أَنَّ أَهْلَ النَّارِ يُبْعَثُوْنَ عُطَاشًا ثُمَّ يَقِفُوْنَ مَشَاهِدَ الْقِيَامَةِ عُطَاشًا”

“Kami mendengar bahwasanya penghuni Neraka akan dibangkitkan dalam kondisi kehausan, kemudian berdiri menghadiri suasana-suasana Kiamat juga dalam kondisi kehausan.”

Pada penafsiran ayat di bawah ini:

{وَنَسُوقُ الْمُجْرِمِينَ إِلَى جَهَنَّمَ وِرْدًا } [مريم : 86]

 “Dan Kami akan menghalau orang-orang yang durhaka ke Neraka Jahannam dalam keadaan dahaga.” (QS. Maryam: 86)

Mujahid berkata: “Leher mereka terputus-putus karena kehausan.” Mathar Al-Warraq berkata: “Sangat dahaga dan kehausan.”

Ayub dari Al-Hasan berkata:

“مَا ظَنُّكَ بِقَوْمٍ قَامُوْا عَلَى أَقْدَامِهِمْ خَمْسِيْنَ أَلْفَ سَنَةٍ، لَمْ يَأْكُلُوْا فِيْهَا أَكْلَةً، وَلَمْ يَشْرَبُوْا فِيْهَا شَرْبَةً، حَتَّى اِنْقَطَعَتْ أَعْنَاقُهُمْ عَطْشًا، وَاحْتَرَقَتْ أَجْوَافُهُمْ جُوْعًا، ثُمَّ اُنْصُرِفَ بِهِمْ إِلَى النَّارِ، فَيُسْقَوْنَ مِنْ عَيْنٍ آنِيَةٍ، قَدْ آنَ حَرُّهَا وَاشْتَدَّ نُضْجُهَا.”

“Bayangkan! Orang-orang itu berdiri di atas kaki mereka selama lima puluh ribu tahun tanpa makan sesuatu pun dan tanpa meneguk apa pun. Sehingga leher mereka terputus-putus karena dahaga dan perut-perut mereka terbakar karena kelaparan. Kemudian mereka diseret menuju Neraka. Di sana mereka diberi minum dari sumber Aaniyah. Yaitu sumber air yang sangat panas dan sangat mendidih.”

Kemudian Allah SWT berfirman menjelaskan Nuzul (suguhan-suguhan) yang diberikan kepada orang-orang kafir yang tersesat dan mendustakan:

{ثُمَّ إِنَّكُمْ أَيُّهَا الضَّالُّونَ الْمُكَذِّبُونَ (51) لَآكِلُونَ مِنْ شَجَرٍ مِنْ زَقُّومٍ (52) فَمَالِئُونَ مِنْهَا الْبُطُونَ (53) فَشَارِبُونَ عَلَيْهِ مِنَ الْحَمِيمِ (54) فَشَارِبُونَ شُرْبَ الْهِيمِ (55) هَذَا نُزُلُهُمْ يَوْمَ الدِّينِ (56} [الواقعة : 51 – 56]

“Kemudian sesungguhnya kamu hai orang-orang yang tersesat lagi mendustakan. Benar-benar akan memakan pohon zaqqum. Dan akan memenuhi perutmu dengannya. Sesudah itu kamu akan meminum air yang sangat panas. Maka kamu minum seperti unta yang sangat haus minum. Itulah hidangan untuk mereka pada hari pembalasan.” (QS. Al-Waqi`ah: 51-56)

An-Nuzul adalah hidangan yang disuguhkan kepada tamu saat kedatangannya. Maka ayat-ayat ini menunjukkan bahwa penduduk Neraka saat masuk Neraka, mereka disuguhi dengan makanan dari pohon Zaqqum dan minuman dari air yang sangat panas. Karena mereka diseret menuju Neraka Jahannam dalam kondisi sangat kehausan.

Inilah suguhan buat penduduk Neraka. Mereka disambut dengan makanan dari pohon Zaqqum dan minuman yang sangat panas. Inilah suguhan yang mereka dapatkan saat pertama kali masuk Jahannam. Padahal sebelumnya mereka sudah sangat kehausan saat berada di padang Makhsyar dan saat berdiri di hadapan Allah SWT untuk pertanggungjawaban amal (Al-Ardh) dan perhitungan (Al-Hisab). Mudah-mudahan Allah SWT menghindarkan kita semua dari suguhan dan perjamuan ini. Serta menjadikan kita semua orang-orang yang lurus dan mendapat petunjuk.

Diambil dari misteri kedahsyatan Neraka diterjemahkan oleh: Wafi Marzuqi Ammar

0 comments on “BINGKISAN PERTAMA KALI YANG DISUGUHKAN KEPADA PENDUDUK NERAKA SAAT MASUK KE DALAMNYA
  1. sangat bagus postingnya pak ustadz semoga bermanfaat bagi kita semua amiiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *