JANGAN KALAH DENGAN SEMUT DAN IKAN

ikan semut

Akhil karim… ukthil kariimah…

Setiap kita pasti pernah yang namanya mengenyam bangku sekolah. Setiap kita pasti pernah belajar ngaji. Baik di TPA atau di masjid, atau di manapun tempatnya.

Sudahkah kita mendoakan kebaikan bagi semua orang yang mengajarkan kebaikan kepada kita. Sudahkah kita mendoakan agar Allah mengampuni mereka?! Sudahkah kita mendoakan mereka agar Allah memberi keberkahan pada keluarga, anak, istri, dan diri mereka?! Sudahkah kita mendoakan mereka agar diberi Allah kelimpahan rizqi, kesehatan, dan kebahagiaan?! Sudahkah kita mendoakan mereka agar Allah memasukkan mereka dalam Surga?!

Akhil kariim, ukhtil kariimah…

Jika belum mendoakan mereka, segera doakan sekarang. Agar ilmumu menjadi barakah. Karena di antara keberkahan ilmu seseorang ketika senantiasa mengingat dan mengenang kebaikan orang-orang yang berbuat baik kepadanya, terlebih para guru yang mengajarkan ilmu kebaikan kepada kita.
Jangan kalah dengan semut dan ikan. Sungguh orang-orang yang sudah berjasa kepada kita itu, meski mereka sudah kita lupakan, tapi Allah tidak akan pernah melupakan keikhlasan dan kebaikan yang sudah mereka ajarkan. Meski kita tidak pernah mengingat mereka tapi semut dan ikan-ikan di lautan senantiasa memintakan ampunan buat mereka.

Sungguh meski kita acuh tak acuh dan tidak memperhatikan mereka, karena kemurahan Allah, Dia menciptakan makhluk-makhluk yang lebih baik dari kita, yaitu para Malaikat di langit, untuk mendoakan kebaikan bagi mereka.

Dalam sebuah Hadis disebutkan:

وعن أَبي أُمَامَة – رضي الله عنه – : أنَّ رسول الله – صلى الله عليه وسلم – ، قَالَ : (( فَضْلُ العَالِمِ عَلَى العَابِدِ كَفَضْلِي عَلَى أدْنَاكُمْ )) ثُمَّ قَالَ رسول الله – صلى الله عليه وسلم – : (( إنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ وَأهْلَ السَّماوَاتِ وَالأَرْضِ حَتَّى النَّمْلَةَ في جُحْرِهَا وَحَتَّى الحُوتَ لَيُصَلُّونَ عَلَى مُعَلِّمِي النَّاسِ الخَيْرَ )) . رواه الترمذي ، وقال : (( حديث حسن )) .

Dari Abu Umamah radhiyallahu anhu: Sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Keutamaan orang alim atas ahli ibadah, seperti keutamaanku atas orang yang paling rendah tingkatannya dari kalian.” Kemudian Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah, para Malaikat, serta seluruh penghuni langit dan bumi hingga semut dalam sarangnya dan ikan-ikan di lautan, benar-benar selalu mendoakan para pengajar kebaikan kepada manusia.” (HR. At-Tirmidzi, no. 2685, dia berkata: Ini adalah Hadis hasan)

Kalau sekedar orang-orang beriman saja dimintakan ampun oleh Malaikat, maka bagaimana dengan orang-orang yang mengajarkan keimanan kepada manusia. Maka bagaimana dengan orang-orang yang menjadikan manusia menjadi beriman dan semakin bertambah imannya?!

Allah berfirman:

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ

“Para Malaikat yang mengemban Arsy dan siapa pun yang di sekeliling Arsy, senantiasa bertasbih memuji Rabbnya, mereka beriman kepadaNya, dan memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman, seraya berkata: Wahai Rabb kami! Sungguh rahmat dan ilmuMu meliputi segala sesuatu. Maka berikanlah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat, yang mengikuti jalanMu, dan hindarkan mereka dari azab Neraka Jahim.” (QS. Ghafir: 7)

Mari kita doakan guru-guru kita, dan siapa pun yang pernah berjasa serta berbuat baik kepada kita. Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

لَا يَشْكُرُ اللَّهَ مَنْ لَا يَشْكُرُ النَّاسَ

“Tidak bisa bersyukur kepada Allah, siapa pun yang tidak bisa bersyukur kepada manusia.” (HR. Abu Dawud, no. 4177 dengan sanad sahih)

Andaikan kita tidak bisa membalasi mereka, maka terus doakan. Hingga kita melihat bahwa doa kita sudah membalasi kebaikan-kebaikan mereka. Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَنَعَ إلَيْكُمْ مَعْرُوفاً فَكَافِئُوهُ ، فَإنْ لَمْ تَجِدُوا ما تُكَافِئُونَهُ بِهِ فَادْعُوا لَهُ حَتَّى تَرَوْا أَنَّكُمْ قَد كَافَأْتُمُوهُ

“Barangsiapa memperbuat kebaikan bagi kalian maka balasilah. Jika kalian tidak mendapati apa pun untuk membalasinya, maka doakan kebaikan untuknya hingga kalian melihat bahwa doa itu sudah bisa membalasi (kebaikan) nya.” (HR. Abu Dawud, no. 1672 dengan sanad sahih)

Wallaahu a’lam bish shawaab. Semoga bermanfaat.

Wassalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh.

 

Share This: