Keutamaan surat Al-Kahfi

الكهف

Ustad, Apa keutamaan membaca surat Al-Kahfi pada malam jumat atau hari Jumat?

Jawab:

Segala puji hanya bagi Allah, dan shalawat beriring salam semoga senantiasa tersampaikan kepada Rasulillah, keluarga, dan para sahabatnya. Amma ba’du:
Terdapat beberapa Hadis tentang keutamaan membaca surat Al-Kahfi para hari Jumat. Di antaranya:

Pertama: Hadis Abu Said Al-Khudri radhiyallahu anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ، أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka ada cahaya yang bersinar untuknya di antara dua jumat.” (HR. Al-Hakim, Al-Baihaqi, dan Al-Albani mensahihkannya)

Kedua: Juga dari Abu Said Al-Khudri radhiyallahu anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ، أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka ada cahaya yang bersinar untuknya bermula dari dirinya hingga baitul Atiq (Ka’bah).” (HR. Al-Baihaqi, Al-Hakim, dan disahihkan Al-Albani)

Ketiga: Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu anhuma dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِيْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ. أخرجه المنذري في الترغيب والترهيب، وقال: رواه أبو بكر بن مردويه في تفسيره بإسناد لا بأس به.

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka ada cahaya yang bersinar untuknya dari bawah kedua kakinya hingga awan di langit. Cahaya itu terus bersinar untuknya hingga Hari Kiamat dan di ampuni baginya apa yang di antara dua jumat.” (HR. Al-Mundziri dalam At-Targhib wa At-Tarhib, dia berkata: Diriwayatkan oleh Abu Bakr bin Marduyah dalam tafsirnya dengan sanad yang tidak menjadi masalah)

Cahaya yang dimaksud pada Hadis-Hadis di atas, bisa berupa cahaya maknawi. Maksudnya: Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada Hari Jumat maka hal itu menghalanginya mengerjakan maksiat, dan menunjukkannya kepada kebenaran di antara dua jumat. Sebagaimana cahaya bisa digunakan sebagai penerang jalan.

Atau bisa juga berarti cahaya yang hakiki. Maksudnya: Ada cahaya yang benar-benar bersinar di bawah kakinya yang terus bersinar di atas wajahnya pada Hari Kiamat. Sementara di dunia, cahaya itu menjadikan wajahnya bersinar dan selalu cemerlang.
Pendapat kedua, lebih mendekati kebenaran karena sesuai dengan Hadis Abdullah bin Umar radhiyallahu anhuma.

Faidah tambahan:

Keutamaan atau fadhilah yang disebutkan pada dalil-dalil di atas, juga bisa terwujud pada orang yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat. Al-Munawi berkata dalam Faidhul Qadir:

فيندب قراءتها يوم الجمعة وكذا ليلتها كما نص عليه الشافعي رضي الله عنه

“Kita dianjurkan membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat dan pada malam jumatnya, sebagaimana ditegaskan oleh Asy-Syafi’i radhiyallahu anhu.”

Al-Munawi juga berkata:

قال الحافظ ابن حجر في أماليه كذا وقع في روايات يوم الجمعة وفي روايات ليلة الجمعة، ويجمع بأن المراد: اليوم بليلته، والليلة بيومها. انتهى

“Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam kitabnya Al-Amali berkata: Terdapat riwayat yang menjelaskan bahwa surat al-Kahfi dibaca pada hari jumat dan dalam riwayat lain dibaca pada malam jumat. Kemudian keduanya digabungkan: bahwa maksudnya adalah satu hari dengan malamnya. Dan satu malam dengan harinya.” Sampai di sini perkataan Ibnu Hajar.

Allahu a’lam.

Silakan melihat pada sumber aslinya di sini

ini adalah untuk keutamaan surat Al-Kahfi ketika di baca pada hari Jumat. adapun jika dibaca pada selain hari jumat, maka ia menjadi pelindung dari fitnah Dajjal. dan itu tidak harus satu surat penuh. berdasarkan Hadis berikut:

pelindunga dari dajjalartinya: “Barangsiapa menghafal sepuluh ayat dari permulaan surat Al-Kahfi maka dia dilindungi dari fitah Dajjal.” (As-Silsilah Ash-Shahihah)

Allahu a’lam.

dijawab oleh: Wafi Marzuqi Ammar

 

 

 

 

 

Share This: