Khutbah terakhir Rasulullah SAW pada Haji Wada’

خطبة النبي عليه الصلاة والسلام

“Sesungguhnya darah dan harta kalian adalah haram atas kalian seperti haramnya hari (Arafah) kalian ini, pada bulan ini, di negeri ini. Ketahuilah! Segala perkara dari urusan jahiliyah sudah dilenyapkan di bawah kedua kaki saya. Darah jahiliyah juga sudah dihapuskan. Ketahuilah! Darah pertama kali yang saya hapuskan dari darah-darah kita, adalah darah putra Rabiah bin Al-Harits, yang dahulu menyusu di bani Sa’ad, kemudian dibunuh oleh kabilah Hudzail. Riba jahiliyah juga terhapuskan. Dan riba pertama kalian yang saya hapus, adalah ribah Abbas bin Abdil Muththalib, sesungguhnya semua ribanya adalah terhapuskan.
Kemudian takutlah kalian kepada Allah dalam masalah wanita. Karena kalian mengambil mereka dengan ikatan perjanjian kepada Allah. Kalian juga menghalalkan kemaluan mereka dengan kalimat Allah. Dan menjadi hak kalian atas para wanita, hendaknya mereka (para wanita) tidak berbicara dengan seorang pun lelaki atau wanita yang tidak kalian sukai. Jika para wanita melakukan hal itu maka pukullah mereka dengan pukulan yang tidak menyakitkan.”
Dan menjadi hak para wanita yang menjadi kewajiban kalian, untuk memberi mereka rizqi, dan memberi pakaian secara makruf (sesuai adat masyarakat setempat). Ketahuilah! Saya telah meninggalkan pada kalian yang kalian tidak akan tersesat setelahnya jika berpegang teguh kepadanya, yaitu Kitabullah. Ketahuilah! Kalian semua akan dimintai pertanggung jawaban tentang penyampaian saya ini, maka lihatlah apa yang akan kalian ucapkan tentangku.”
Para sahabat menjawab: “Kami bersaksi bahwa anda telah menyampaikan, menunaikan tugas, dan memberi nasihat.” Kemudian Nabi shallallahu alaihi wasallam mengangkat jari telunjuknya ke langit sambil menunjukkannya kepada manusia: “Ya Allah! saksikanlah. Ya Allah! saksikanlah.”

(HR. Muslim, no. 3009)

 

 

Share This: